Thursday, January 19, 2012

Mengapa Bayi Menangis Saat Lahir ?

Mungkin kita sering bertanya mengapa bayi menangis saat dilahirkan. meski sebenarnya seorang ibu atau keluarga yang mendampingi proses kelahiran malah akan bingung saat mendapati bayi yang lahir tanpa suara tangis.
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, beliau berkata, "saya mendengar Rasulullah bersabda, "tidak ada seorang anak adam yang lahir kecuali dipegang oleh setan ketika ia dilahirkan, sehingga ia ia berteriak menangis karena pegangan setan, kecuali Maryam dan anaknya.". sperti diketahui oleh semua orang bjuga bahwa bayi hanya bisa berkomunikasi dengan orangtuanya melalui tangisan, karena tangisan bayi itu sebagai bentuk komunikasi dari si bayi.

Ketika bayi baru dilahirkan, bayi mengambil napas untuk pertama kalinya melalui perubahan peredaran darah dan dengan menangis itu membantu membuka sirkulasi untuk mengirim oksigen melalui paru-paru. tangisan pada bayi tersebut membantu membuka paru-parunya agar bisa menghirup oksigen. dan tepukan pelan dibagian belakang tubuh bayi berguna unruk mendorong bayi agar melakukan pernafasan udara. ibu yang melahirkan bayinya secara alami atau normal akan menunjukkan lonjakan lebih besar dalam aktivitas otaknya ketika mendengar sang bayi menangis dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara sesar.

Dalam journal of Child Psychology and Phychiatry, peneliti menggunakan scan MRI fungsional untuk melihat reaksi dari 12 perempuan setelah mendengar bayinya pertama kali menangis selama 30 detik. hasil scan menunjukkan bahwa tangisan bayi tersebut mampu mengatur aktivitas di berbagai daerah otak ibu yang salah satunya adalah amigdala, yaitu bagisan yang berperan dalam mengatur emosi ibu. selain membantu bayi dalam pernapasan, menangis saat dilahirkan juga membantu aktivitas dari anggota tubuh bayi itu sendiri. karena saat menangis secara otomatis bayi tersebut akan bergerak.
wallahualam.
Semoga Bermanfaat :)
Sumber : Majalah Rumah Zakat Edisi Januari 2012